NEWS
DETAILS
Jumat, 02 Mar 2018 10:51 - Karisma Fans Club
Berkendara dengan motor itu tidak semudah yang dibayangkan. Hal ini bisa dibuktikan dari masih banyaknya kasus kecelakaan atau cedera yang diakibatkan saat berkendara dengan motor di tengah lalu lintas yang padat. Menjadi pengendara yang baik tentunya harus mematuhi segala peraturan yang ada. Memang semua pengendara ingin perjalanan yang mereka tempuh cepat, tapi harus disadari bahwa jalan raya bukanlah milik pribadi.
 
Nah, di sini kita akan membahas bagaimana cara aman mengendarai sepeda motor. Diperlukannya skill serta trik khusus agar tetap aman dan selamat selama berkendara di tengah lalu lintas yang padat. Yuk, simak ulasan 10 tips aman berkendara berikut ini.
1.         Periksa Kesiapan Motor
Hal pertama yang tentunya harus diperhatikan sebelum berkendara di jalan raya adalah memerisksa setiap sudut motor. Pastikan mesin dan fitur-fitur penting lainnya berfungsi dengan baik agar perfomanya maksimal. Selain itu, cek juga perlengkapan yang harus Anda bawa, seperti helm, jaket, serta perlengkapan keamanan lainnya.
 
2.         Tetap Berkendara di “Jalur Aman”
Kendarai sepeda motor Anda di jalur aman. Hindari melewati celah-celah mobil yang membuat Anda sulit terlihat karena blind spot. Mempertahankan posisi di zona terbuka akan memudahkan pengendara lain untuk mengetahui keberadaan Anda.

3.         Perhatikan Spion!
Jalanan yang padat sering kali memaksamu untuk mencari celah demi menghindari kemacetan yang bikin pusing kepala. Hal ini wajar saja, tapi jika Anda melakukannya dengan ceroboh akan memicu cedera atau kecelakaan. Oleh karena itu, selalu awas dan perhatikan sekelilingmu melalui kaca spion. Jadi, saat Anda ingin bergerak atau mendahului dari celah jalan tidak akan memicu benturan dengan pengendara lain. Namun, hindari terlalu fokus dengan kaca spion karena Anda harus tetap mengawasi kendaraan depan. Gak mau kan nabrak saat kendaraan di depan ngerem mendadak?

4.         Letakkan Tangan dan Kaki di Tuas Rem
Trik yang satu ini juga tidak boleh dilupakan saat berkendara di jalanan yang macet. Pasalnya, saat macet Anda harus bereaksi cepat, baik menekan tuas rem atau pedal rem belakang. Letakkan beberapa jari atau kaki di tuas rem. Jadi, ketika ada pengendara lain yang bermanuver, Anda sudah siap.
 
 
5.         Jangan Lengah di Jalanan Macet, Terutama Pas Belokan
Hal ini penting untuk diperhatikan saat melewati belokan yang keadaannya sedang macet parah. Pasalnya, kalau kamu lengah saat melewati jalan ini, kemungkinan besar kamu akan mengalami bentrokan dengan pengendara lain. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu menyalakan lampu, baik saat siang atau malam hari. Perhatikan selalu ban atau tangan dari pengendara lain. Jika ada pergerakan, wajib bagi kamu untuk selalu mengerem agar terhindar dari benturan.

6.         Hindari Menyalip dari Jalur Kiri
Jangan pernah berpikir bahwa mengedipkan lampu sein dari sebelah kiri pengendara lain akan membuat mereka melihat Anda. Perhatikan sekeliling jika ingin menambah kecepatan dan menyalip. Namun, ingat untuk tidak mendahului kendaraan lain dari jalur kiri ya!

7.         Memilih Jalur yang Tepat
Pastikan Anda berkendara di jalur yang benar. Perhatikan apakah kamu berada di jalur cepat, lambat, atau saat ada penggabungan lalu lintas. Hindari berada di posisi di antara kedua belah pihah atau dari kedua arah karena hal ini akan membahayakan kamu dan pengendara lain.

8.         Memerhatikan Kondisi Permukaan Jalanan
Memerhatikan kondisi jalan yang berlubang atau rusak adalah hal penting yang harus dilakukan agar tetap aman saat berkendara. Ini akan menghindari Anda menabrak batu atau puing yang berserakan di jalan.

9.         Menjaga Signal Motor
Perhatikan lampu signal pada motor Anda jika tidak memiliki sistem otomatis. Jangan biarkan dalam kondisi menyala yang membuat pengendara lain menjadi bingung, terlebih dengan lampu signal yang berlawanan dengan arah yang kamu tuju.

10.         Hindari Bersikap Agresif Saat Berkendara
Jangan terlalu terburu-buru atau agresif saat berkendara. Gunakan sinyal saat kendaraan Anda ingin memotong jalur atau berbelok.
 
Nah, itu dia 10 cara aman berkendara yang perlu Anda ketahui. Ingat, pengendalian emosi adalah salah satu hal penting dan mendasar yang harus diingat saat berkendara di jalan raya. Berbagai perilaku pengendara bisa menjadi pemicu timbulnya emosi di jalanan. Jadi, tetaplah berkendara dengan aman dan nyaman dan pastikan kamu selalu mematuhi setiap peraturan yang berlaku.
 
 
 
*Sumber : Wahanahonda.com
RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK