NEWS
DETAILS
Kamis, 08 Mar 2018 16:28 - Karisma Fans Club

Jakarta, 8 Maret 2018 – Touring menikmati perjalanan jauh dengan menggunakan sepeda motor secara sendirian atau berkelompok memang mempunyai kenikmatan tersendiri. Tapi jangan lupa, ada 7 hal yang harus diperhatikan saat berencana touring jarak jauh.

Bagi kamu yang hobi berkendara, touring pasti sudah menjadi kegiatan favorit. Touring memang menjadi kegiatan yang menyenangkan, tapi banyak dari kita yang menganggap hal tersebut sama seperti berkendara harian biasa. Faktanya, persiapan touring jarak jauh cukup banyak, baik menggunakan sepeda motor atau mobil. Berikut ini adalah 7 hal yang harus diperhatikan saat melakukan touring jarak jauh.

1.   Perhatikan Kesiapan Kendaraan

Hal utama yang harus diperhatikan saat akan melakukan touring adalah kesiapan kendaraan, seperti surat-surat lengkap, servis kendaraan, serta melakukan pengecekan pada ban, gas, klakson, dan rem. Pastikan juga kamu sudah mengecek pengapian agar tidak terjadi kendala dalam kegatan touring. Lengkapi perjalananmu dengan membawa tools serta suku cadang ringan untuk mengantisipasi saat terjadi masalah pada kendaraan. Ketika akan berangkat, usahakan tangki bensin terisi penuh sehingga kamu tidak harus berhenti berulang kali dan menghambat perjalananmu.

2.   Siapkan Fisik dalam Kondisi Prima

Touring jarak jauh biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama, bahkan hingga berhari-hari lamanya. Durasi dan panjangnya jarak tempuh membuat badan kita menjadi lelah. Sayangnya, banyak dari kita yang tidak memerhatikan kesiapan fisik sehingga badan mudah lelah saat melakukan touring.
Perlu diingat, mencegah lebih baik daripada mengobati. Sebelum touring pastikan kamu sudah memiliki waktu istirahat yang cukup. Jangan lupa untuk mengkonsumsi vitamin dan membawa obat-obatan yang sekiranya akan kamu butuhkan selama di perjalanan. Lakukan sedikit peregangan otot agar kamu lebih siap berkendara jarak jauh.

3.   Siapkan Alat Komunikasi dan Peta Penunjuk Jalan

Kalau kamu tidak ingin ketinggalan atau nyasar saat touring maka jangan sampai melupakan alat komunikasi, seperti handphone, HT, atau bluetooth communicator yang terpasang pada helm. Alat-alat tersebut akan memudahkan tim untuk memberi arahan. Lengkapi juga perbekalanmu dengan membawa penunjuk jalan berupa peta lembaran atau aplikasi di ponsel.

4.   Perhatikan Barang Bawaan

Barang bawaan ini sering kali menjadi dilema buat kamu yang suka melakukan touring. Saat touring, kamu biasanya ingin membawa banyak barang bawaan dengan alasan yang sebenarnya tidak terlalu penting. Selain itu, beberapa di antara kamu juga akan membawa beberapa kamera dan perlengkapan untuk mendokumentasikan setiap momen di sepanjang perjalanan. Sebaiknya, kamu disarankan untuk membawa satu kamera saja agar tidak terlalu banyak membawa barang.
Jangan pernah meninggalkan barang-barang berharga di dalam kendaraan. Sebaliknya, pastikan kamu meletakkan barang-barang tersebut di tempat yang aman. Tempatkan juga barang-barang yang sering kali digunakakn di tempat yang mudah diambil, seperti power bank, dompet, ponsel, dan perlengkapan obat-obatan.

5.   Riset Rute Perjalanan

Menentukan rute perjalanan adalah hal yang sangat penting dalam menentukan segala kesiapan kamu untuk melakukan touring. Kamu akan dengan mudah mengetahui berapa jarak dan lama waktu perjalanan yang akan ditempuh. Melakukan riset rute perjalanan akan membantu memudahkan kamu dalam menentukan besaran anggaran yang dibutuhkan.
Jika perjalanan terlalu jauh untuk dijangkau dalam sekali tempuh, kamu dapat menentukan tempat istirahat, bengkel-bengkel servis, serta tempat pengisian bahan bakar. Carilah infomasi terkini rute utama sehingga jika ada kendala, kamu bisa langsung menentukan rute alternatif.

6.    Menentukan Estimasi Biaya

Menentukan estimasi biaya adalah hal penting yang juga harus diperhatikan saat berencana touring. Kebanyakan orang menganggap kalau hal ini sepele. Ingat, seminim apapun anggaran yang dibutuhkan, sebaiknya kamu tetap menentukan estimasi biaya. Jangan sampai touring kamu berantakan gara-gara kehabisan ongkos. Estimasi biaya bisa kamu buat dengan mempertimbangkan besarnya biaya bahan bakar, penginapan, tiket wisata, hingga keperluan makanan selama di perjalanan. Jangan terlalu mengandalkan dana yang ada di rekening, bawalah uang tunai secukupnya karena di daerah-daerah tertentu kamu akan kesulitan menemukan mesin ATM.

7.   Start Sepagi Mungkin

Inilah persiapan terakhir sebelum kamu berangkat touring. Usahakan start dimulai sepagi mungkin sehingga kamu masih memiliki waktu untuk melakukan pengecekan ulang. Jangan sampai berangkat dengan terburu-buru sehingga tidak punya cukup waktu untuk mengecek ulang kesiapan kendaraaan.
Itulah tadi 7 tips persiapan touring yang perlu kamu persiapkan. Utamakan kesadaran aman berkendara agar touring berjalan dengan lancar. Semoga perjalananmu menyenangkan!

 

*sumber : www.wahanahonda.com

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK