NEWS
DETAILS
Kamis, 30 Jun 2016 14:16 - Karisma Fans Club

Jakarta, 30 Juni 2016 - Bagi teman-teman biker, pulang ke kampung halaman atau lebih dikenal mudik saat lebaran menjadi rutinitas sebagian penduduk di Indonesia saat hari Raya Idul Fitri tiba, bahkan pemerintah juga menyiapkan transportasi dan agenda - agenda khusus agar perjalanan para pemudik menjadi lebih aman dan lancar. Banyaknya transportasi yang tersedia saat ini ternyata tidak mencukupi kebutuhan para pemudik sehingga banyak pula orang yang mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor.

Khusus bagi para pengendara sepeda motor tentu harus mempersiapkan secara baik dari berbagai hal agar perjalanan menuju kampung halaman dapat selamat tanpa ada masalah di jalanraya.

Ada beberapa tips yang harus diperhatikan bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor, berikut tips yang dikemas oleh team Safety Riding Wahana Honda agar perjalanan lebih aman dannyaman,diantaranyaadalah :
 

  1. Kondisi badan menjadi faktor penting saat melakukan perjalanan jauh, maka pastikan kondisi badan anda baik fisik maupun mental dalam keadaan sehat. Lakukan pemanasan ringan sebelum Anda mulai berkendara hal ini dapat memperlancar aliran darah sehingga tubuh akan merasa lebih bugar.
  2. Lakukan pengecekan kendaraan, perjalanan yang Anda tempuh tentu cukup jauh sehingga perlu ada persiapan khusus bagi kendaraan, agar saat di perjalanan kondisi sepeda motor nyaman digunakan, bawalah sepeda motor Anda ke Bengkel Resmi sepeda motor seperti AHASS agar dilakukan servis dan pengecekan - pengecekan instrument pada kendaraan secara tepat. 
  3. Bawalah barang - barang secukupnya, biasanya yang dilakukan para pemudik adalah membawa barang yang berlebihan sehingga dapat mengganggu kenyaman saat berkendara, perlu diingat saat berkendara Anda banyak melakukan manuver - manuver di jalan raya, jangan sampai karena banyaknya barang bawaan sehingga membuat Anda sulit mengoperasikan kendaraan.
  4. Bawa beberapa peralatan penting untuk kendaraan seperti kunci busi, obeng, tang jepit dan lainnya, peralatan ini akan berguna disaat kendaraan mengalami masalah dijalan, selain peralatan bawa pula peta perjalanan sehingga Anda tidak perlu banyak bertanya pada orang lain mengenai rute yang akan Anda lewati.
  5. Gunakan perlengkapan berkendara yang aman dan nyaman, seperti Helm, Jaket, Celana Panjang, Sarung Tangan dan Sepatu, jika diperlukan gunakanlah perlengkapan tambahan seperti pelindung lutut dan siku serta masker, hal ini sangat penting dilakukan untuk keamanan Anda saat perjalanan. Siapkan juga Jas Hujan dengan model terpisah atasan dan celana untuk kemungkinan terjadi hujan saat perjalanan.
  6. Bawa surat - surat penting dan uang saku secukupnya untuk perjalanan Anda, serta jangan lupa juga untuk membawa obat-obatan pribadi agar Anda tidak kesulitan jika terjadi sesuatu pada kesehatan Anda.
  7. Perjalanan yang cukup jauh tentu akan melelahkan maka lakukan istirahat setiap perjalanan Anda telah mencapai waktu maksimal 2,5 jam perjalanan, dengan istirahat yang cukup kondisi badan Anda akan pulih kembali sehingga perjalanan pun semakin nyaman dan menyenangkan.
  8. Jika Anda berbocengan pastikan jangan lebih dari 2 orang diatas kendaraan, sepeda motor dirancang untuk 2 orang yaitu pengendara dan pembonceng, jika memang membawa anak kecil maka tempatkan dibelakang pengendara lalu gunakan ikatan khusus agar lebih aman.

Setelah hal diatas telah dilakukan jangan lupa untuk berdoa dan taati rambu - rambu lalu lintas di jalan raya serta hormati pengguna jalan lainnya karena jalan raya milik bersama. Ayo Mudik Aman Bersama Honda #satuHATIselamatdijalan

Sumber : www.safetyridingwms.com

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK