NEWS
DETAILS
Rabu, 28 Feb 2018 11:17 - Karisma Fans Club

Jakarta, 28 Februari 2018 – Para pecinta dan pengguna sepeda motor Honda Karisma di wilayah Bogor yang tergabung dalam Honda Karisma Club Bogor (HKCB) mengadakan Sunday Morning Ride (Sunmori) ke kawasan wisata Curug Citambur pada (25/02) minggu pagi.

Pada umumnya komunitas motor mengadakan sunmori hanya keliling kota saja, tapi kali ini berbeda dengan anggota HKCB yang mengadakan sunmori ke lokasi wisata air terjun atau curug. Lokasi wisata memang cocok sekali bagi yang ingin melepas penat setelah berhari-hari menjalani aktivitas harian yang begitu padat, salah satu curug yang memiliki panorama indah yaitu wisata Curug Citambur yang berlokasi di Cianjur.

Curug Citambur adalah sebuah curug atau air terjun yang ketinggiannya kira-kira 130 meter di Kabupaten Cianjur bagian Selatan, Provinsi Jawa Barat. Curug Citambur memiliki tiga tingkatan air terjun dimana tingkat pertama berketinggian 12 meter sedangkan tingkat kedua berketinggian 116 meter dan yang paling tas adalah 2 meter.

Air curug yang berada di ketinggian kurang lebih 1.400 Mdpl ini terkenal sangat dingin dan memiliki debit air yang besar terlebih saat musim penghujan. Kondisi tersebut membuat Curug Citambur selalu diliputi kabut tipis dan suara air jatuhannya yang begitu keras bergemuruh. Curug Citambur yang dibatasai tebing curam dan debit air yang besar akan sangat berbahaya jika berada dibawah guyuran airnya.

Ada dua versi kenapa curug itu bernama Curug Citambur. Versi pertama karena pada jaman dahulu suara setiap air yang jatuh dari atas curug ke kolam berbunyi “bergedebum” seperti suara Tambur, sebuah alat musik tabuh yang dipukul. Seiring menyusutnya volume air, bunyi itu tak terdengar lagi.

Versi lain, curug tersebut dulu termasuk wilayah Kerajaan Tanjung Anginan, yang rajanya bergelar Prabu Tanjung Anginan. Pusat kerajaannya berada di Pasirkuda, yang kini termasuk Desa Simpang dan Desa Karangjaya. Dugaan pusat kekuasaan di sana karena ada batu yang berbentuk kursi yang diyakini warga sebagai tempat duduk raja. Sementara itu, nama Pasirkuda karena ada sebuah batu di bukit (pasir dalam bahasa Sunda) yang berbentuk kuda.

Pada saat kerajaan berdiri, setiap raja mau mandi ke curug selalu ditengarai dengan suara tambur, yang ditabuh para pengawal. Suara berdebumnya alat musik tabuh itu terdengar cukup jauh sehingga warga Pasirkuda menyebutnya Curug Citambur. Namun belum diketahui sejarah dan masa keberlangsungan Kerajaan Tanjung Anginan.

“Kedepannya dalam sebulan sekali dari HKCB akan terus mengadakan Sunmori keliling wisata yang ada di seputaran wilayah Bogor sampai Cianjur, dikarenakan anggota HKCB selain dari Bogor juga ada yang domisili di Cianjur.” Ujar Derach selaku sesepuh HKCB.

Buat bro dan sist yang mau bergabung dengan Honda Karisma Club Bogor (HKCB) bisa menghubungi Bro Derach di 08568437101 atau Bro Asep di 081316594642.

 

*Sumber : Wikipedia

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK